Tuesday 17 November 2009

Banyak hal tentang Alexa rank

Ngomongin Alexa Rank, Situs ini kok masih segitu-gitu aja yach? kadang naik, eh besok lagi rada melorot.. apakah ini disebabkan update posting yang terlalu lama? atau apa benar ada korelasi antara rutinitas posting artikel dan Alexa Ranking?

Situs ini termasuk miskin postingan, Alexa Rank nya juga biasa-biasa aja, malah cenderung naik turun kayak timbangan. Katanya kalo rajin posting, maka Alexa rank cepet naik (makin kecil makin baik, namanya juga ranking, masak ranking 3 lebih baik dari ranking 1).

Mungkin, tapi saya tidak berani menjustifikasi benar atau tidak, dengan adanya postingan baru, maka situs atau blog akan tampak lebih fresh, lebih segar. Setidaknya ada artikel baru yang bisa dibaca oleh pengunjung (entah pengunjung yang niat mau ngunjungin atau pengunjung yang tersesat dari hasil pencarian mesin pencari - Search engine result page/SERP atau sekedar blogwalking). Dan untuk kemudian dilanjutkan dengan naikknya traffik kunjungan, dan itu menjadi salah satu parameter skor Alexa Rank.

Benarkah begitu? Bukan kenapa-kenapa, soalnya pada salah satu website yang menurut saya cukup rajin mengisi halaman-halamannya dengan artikel baru, setidaknya 2-3 artikel dalam seminggu, skor Alexanya gak begitu bagus (lihat dari progressnya).
Ada yang tahu? dari beberapa referensi yang saya baca di forum-forum komunitas, katanya sih skor Alexa akan mempunyai nilai lebih bila pengunjungnya datang dari dunia Amrik dan Eropa dibanding dari dunia negara ke-3 alias wilayah asia, Indonesia mungkin salah satunya?
Bisa jadi. Kalo gitu, perlu diperhitungkan antara kualitas pengunjung dan kuantitas pengunjung. Asumsinya meski dapat 1000 pengunjung sehari dari belahan dunia negara-negara ke-3 akan memiliki kualitas yang lebih kecil dibandingkan 1000 pengunjung sehari dari belahan dunia Amerika dan Eropa? ini cuma asumsi, saya juga belom tahu pasti.

Buat saya sendiri, ngeblog atau posting atau apalah namanya.. selama bisa menuangkan isi pikiran secara tertulis, entah apakah akan menaikkan Alexa Rank atau tidak, yang penting Fun, meskipun jujur pengen juga Alexa Rank jadi mengerucut.
Entahlah apakah postingan ini akan turut andil menaikkan skor Alexa Rank Situs ini atau tidak. Kalo naik yah disyukuri kalo tidak ya sudahlah. Setidaknya situs saya ada yang bisa dibaca dan pengunjung saya tidak bosen dengan tulisan-tulisan tidak bermutu yang diposting disini, apalagi ini cuma Situs Tukar Link.
Mitos mengenai cara menaikkan ranking Alexa sudah banyak dibahas dan sering diulas oleh beberapa teman-teman. Kalau binggung nyarinya, tinggal ketik di Google, cari dengan memasukkan kata kunci tips trik atau cara menaikkan rangking alexa. Disitu anda akan banyak sekali menemukan pembahasan tentang tutorial alexa.Disini saya akan mencoba mengikuti salah trik yang pernah ditulis oleh teman-teman. Ada beberapa poin penting yang selalu ditekankan seperti memasang widget alexa, memasang toolbar alexa pada browser anda, dan meningkatkan pengunjung situs. Kalau poin yang terakhir jelas karena alexa menilai peringkat situs anda dari banyaknya trafik atau jumlah kunjungan.

Disamping cara-cara klasik atau standar yang sudah pakem dan jamak dipakai oleh orang lain, ada satu cara yang konon dapat meningkatkan rangking alexa, yaitu dengan memposting hal-hal yang berhubungan dengan Alexa.