Wednesday 9 January 2013

Lestarikan Serta Amalkanlah Budaya Timur

 Budaya adalah suatu warisan leluhur yang harus selalu kita jaga dan lestarikan serta diamalkan baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Budaya perlu dilestraikan karena mengandung nilai leluhur yang berguna sebagai identitas dari bagian kelompok diri kita. Salah satu budaya yang harus kita lestraikan adalah budaya timur.

Budaya timur adalah sebuatan budaya bagi negara yang berada di kawasan asia seperti contohnya Indonesia. Indonesia pada era yang modern ini sudah mulai dialiri ataupun dimasuki oleh nuansa budaya barat. Hal tersebut tentunya akan membawa dampak yang buruk karena dapat menyebabkan lunturnya budaya nasional yairu budaya timur. Sedangkan budaya timur harus kita lestarikan dan amalkan karena memiliki banyak manfaat bagi kita. Beberapa manfaatnya yaitu :
  • Budaya timur bersifat lebih kekeluargaan antarsesama daripada budaya barat.
  • Budaya timur menuntut kita agar berpakaian lebih tertutup dan sopan.
  • Budaya timur sangat menentang adanya pergaulan bebas antar remaja.
  • Budaya timur menjunjung tinggi kaidah agama dan kesopanan.
  • Budaya timur tidak memperbolehkan anak untuk hidup dengan orang lain(lawan jenisnya) tanpa adanya ikatan pernikahan.
Itulah beberapa poin penting dari budaya timur yang kita miliki, sekiranya budaya tersebut bermanfaat maka hendaknya kita bersama untuk lestraikan dan amalkan budata tersebut. Mungkin dengan postingan yang singkat ini dapat bermanfaat bagi anda, saya juga mohon maaf jika ada kata-kata dari saya yang kurang berkenan.

sumber