Wednesday 23 November 2011

Pesawat Awan yang Fantastik

Sebuah pesawat futuristik menjanjikan penumpang sebuah pengalaman fantastik, berjalan di antara awan. Pesawat ini diperuntukkan bagi mereka yang lebih menikmati perjalanan ketimbang memikirkan tujuan.

Adalah Tiago Barros yang memiliki proyek pesawat awan yang dinamai Passing Cloud ini. Desainer asal New York ini yakin ide fantastiknya itu bisa diproduksi. "Ini akan menjadi perjalanan yang unik. Pengalaman melayang di atmosfer, di atas awan, tanpa tahu tujuan pasti," kata Tiago seperti dikutip dari laman Dailymail.co.uk.
Konsep pesawat ini sebenarnya mengandalkan kekuatan angin untuk bergerak. Dalam rancangannya, Tiago membuat pesawat berbentuk balon-balon raksasa yang saling terhubung satu sama lain. Kerangka pesawat ini dibuat menggunakan besi lapis baja yang dibalut kain nilon. 

 Tiago,33, mengatakan tujuan proyeknya itu adalah meminimalkan karbon dan menantang segala macam transportasi terkini yang mengandalkan kecepatan. 

Dia sangat berharap Passing Cloud ini segera masuk produksi meski tak tahu pasti kapan tahap pengembangan akan dimulai. "Ini masalah kesempatan dan waktu. Target awal saya sudah tercapai, menunjukkan proyek ini ke seluruh dunia."

Menurutnya, Passing Cloud bisa jadi alat yang memiliki banyak kegunaan, mulai dari hiburan, dek observasi, dan sebagainya. 

Proyek Passing Cloud miliknya diperlombakan dalam kompetisi internasional: Life at the Speed of Rail yang digawangi Van Alen Institute.

sumber