Friday 25 November 2011

Sepertiga Terumbu Karang Indonesia Rusak

Laut Indonesia memiliki terumbu karang terluas di dunia, yakni 15 persen dari seluruh lautan di bumi. Namun berdasarkan hasil riset Coremap LIPI dan LAPAN akhir tahun 2008, hampir sepertiga kondisi terumbu karang di Indonesia berkategori rusak. 

Menurut Zaenal Arifin, Kepala Pusat penelitian Oseanografi LIPI, 5 persen terumbu karang berkategori sangat baik, 25 persen baik, 30 persen sedang, dan 31,5 persen rusak.

Kerusakan terumbu ini terjadi di kota-kota besar yaitu Jakarta, Kepulauan Seribu, Makassar, Surabaya, bahkan Ambon, kata Zaenal di Jakarta, 24 November 2011. kerusakan terumbu bisanya diakibatkan oleh faktor ulah manusia, ucapnya.

Zaenal menyebutkan, manusia menangkap ikan dengan menggunakan bahan peledak. Selain itu, kualitas air yang buruk juga mengakibatkan terumbu karang sulit tumbuh. Perubahan iklim juga berpengaruh pada tingkat keasaman air laut, sehingga terumbu karang berkurang, ucapnya.

Menurut Zaenal, efek gas rumah kaca juga secara tidak langsung mengakibatkan spesies yang hidup di sekitar terumbu karang dapat punah. Suhu air, salinitas, sangat mempengaruhi percepatan pertumbuhan terumbu karang.

Malah, menurut Zaenal, kerusakan yang diakibatkan oleh faktor kualitas air bisa bersifat lebih massif dibandingkan dengan faktor bahan peledak. Kalau air bisa massif seluruhnya. Tapi kalau dinamit hanya beberapa bagian saja, ujarnya. 

Kualitas air bisa dipengaruhi oleh kekotoran air yang diakibatkan oleh sampah yang akhirnya terbawa ke laut, kata Zaenal. Dan yang tak kalah penting yakni menjaga ekosistem di sekitar terumbu karang untukmembuat  terumbu karang dapat cepat tumbuh, pelestarian Mangrove, ucapnya.

Mangrove, kata Zaenal, dapat mengurangi tekanan pada terumbu karang. Intinya, jika ekosistem rusak, terumbu terancam, sebutnya. Sejauh ini, berdasarkan penelitian LIPI pada 2010, luas terumbu karang di Indonesia mencapai 19.500KM persegi.

sumber