Sunday 8 January 2012

Biksu Tibet Kembali Bakar Diri

Aksi pembakaran diri menentang kekuasaan China di Tibet kembali terjadi. Dua orang biksu dilaporkan membakar diri mereka pada Jumat siang, 6 Januari 2012.

Menurut organisasi Free Tibet yang berbasis di London kepada Reuters, Sabtu 7 Januari 2012, aksi bakar diri dilakukan oleh seorang biksu pada pukul 02.50 waktu setempat di dekat kuil Kirti, prefektur Aba, provinsi Sichuan. 

Menurut saksi mata, sebelum membakar dirinya, biksu tersebut berteriak menuntut dipulangkannya pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama ke tanah air. Polisi China yang menyaksikan aksi pembakaran langsung memadamkan api. Tidak diketahui kondisinya saat ini.

Biksu kedua membakar dirinya di lokasi yang tidak berjauhan. Free Tibet melaporkan bahwa biksu ini tewas sebelum sempat dilarikan ke rumah sakit. Belum ada konfirmasi dari pemerintah China mengenai dua pembakaran ini.

Aksi bakar diri sering dilakukan sepanjang tahun 2011 oleh para biksu Tibet. Mereka menuntut kemerdekaan penuh atas Tibet dari China dan meminta Dalai Lama pulang. Tercatat dalam 10 bulan terakhir, sudah 14 biksu yang membakar diri, enam di antaranya tewas.

Aksi ini memang terbilang kecil dan tidak menimbulkan efek yang besar. Namun bagi China, tindakan segelintir orang ini akan menghancurkan upaya mereka dalam menstabilkan kawasan tersebut. Untuk mengambil hati rakyat Tibet, China mengklaim telah mengentaskan kemiskinan di dataran tinggi itu.


(Sumber : http://dunia.vivanews.com/)
Sebagai sesama blogger marilah kita saling menghormati dan menghargai privasi seorang blogger. Cantumkan sumber link jika anda ingin mengcopy paste sebuah artikel dari web/blog lain. Jika anda merasa artikel dari saya bermanfaat silahkan berkunjung kembali dan follow
King Elementware�
Semoga bermanfaat ^_^