Friday 13 January 2012

Sepatu High Heels Picu Kelainan Kaki

Sejumlah wanita merasa tak percaya diri melangkah tanpa sepatu high heels. Demi menunjang penampilan, mereka mengenakannya sepanjang waktu tanpa peduli efek buruknya. 

Studi University of East Anglia mengungkap bahwa pemakaian sepatu bertumit tinggi dalam jangka lama memicu perubahan bentuk telapak kaki. Tekanan yang timbul bisa membuat cekungan telapak kaki menjadi datar. 

Penggunaan sepatu tumit tinggi merangsang tubuh memproduksi protein yang dapat melemahkan tendon di sekitar telapak kaki. Kondisi ini membuat cekungan telapak kaki menjadi datar yang seringkali memicu nyeri dan kesulitan berjalan. 

Sekitar 3,5 persen warga Inggris yang terbiasa mengenakan sepatu tumit tinggi mengalami 'telapak kaki datar'. Paling jamak menimpa mereka yang berusia 40 tahun ke atas. 

Dr Graham Riley, yang melakukan studi tersebut, mengatakan bahwa sepatu dengan hak tinggi tidak mampu menunjang beban kaki dengan sempurna. Mereka yang mengenakan sepatu tumit tinggi sembari melakukan aktivitas sambil berdiri memiliki risiko lebih besar mengalami pelemahan tendon. 

Menurutnya, pemakaian high heels berpotensi mengubah postur tubuh akibat tekanan yang timbul di telapak kaki. Selain 'telapak kaki datar', pemakaian high heels berlebihan juga rentan memicu ketegangan pinggul, lutut, paha, serta meningkatkan risiko osteoarthritis, dan nyeri punggung. 

Mencegah munculnya 'telapak kaki datar', Riley menyarankan untuk menambahkan sol atau alas sepatu tambahan yang bisa menyangga cekungan telapak kaki dengan sempurna. Yang sudah terlanjur mengalaminya, beberapa mencoba memperbaiki kelainan dengan operasi. 

"Studi kami mungkin memiliki implikasi terapeutik yang penting, dengan mempelajari aktivitas protein tubuh sebagai media pengembangan pengobatan keluhan kaki di masa depan," ujar Riley yang memublikasikan studinya di Annals of the Rhumatic Disease Journal, seperti dikutip Daily Mail. 


(Sumber : http://kosmo.vivanews.com/)
Sebagai sesama blogger marilah kita saling menghormati dan menghargai privasi seorang blogger. Cantumkan sumber link jika anda ingin mengcopy paste sebuah artikel dari web/blog lain. Jika anda merasa artikel dari saya bermanfaat silahkan berkunjung kembali dan follow
King Elementware�
Semoga bermanfaat ^_^