Thursday 2 February 2012

Mesir Bentuk Tim Pencari Fakta Kerusuhan Bola

Sedikitnya 74 orang tewas dan sekitar 1.000 lainnya luka-luka akibat kerusuhan usai suatu pertandingan sepakbola di Kota Port Said, Mesir, Rabu malam waktu setempat. Ini merupakan kerusuhan paling maut setelah tergulingnya rezim Presiden Hosni Mubarak dari Mesir setahun yang lalu. 

Menurut kantor berita Reuters, kerusuhan terjadi di stadion lokasi pertandingan liga domestik yang mempertemukan klub tuan rumah al-Masry dengan Al Ahli dari Kairo. Kalangan politisi setempat mengecam tidak sigapnya aparat keamanan dalam mengendalikan kerusuhan massa di suatu tempat terbatas, seperti stadion sepakbola. 

Kerusuhan ini pun berlanjut dengan kemarahan warga atas rezim militer, yang sementara ini mengendalikan Mesir. "Jatuhlah pemerintahan militer," sahut ribuan warga Mesir di stasiun kereta utama di Ibukota Kairo, menunggu rekan-rekan mereka tiba dari Port Said. 

"Rakyat ingin jenderal besar dieksekusi," kata mereka merujuk kepada Jenderal Mohamed Hussein Tantawi, kepala penguasa militer. Tantawi sendiri, dalam siaran televisi nasional, berjanji segera mengusut dan menindak para pelaku kerusuhan dengan membentuk tim pencari fakta.  

Menteri Dalam Negeri Mohamed Ibrahim mengungkapkan pihak berwenang sudah menangkap 47 orang yang dicurigai memicu kerusuhan. "Ini adalah bencana terbesar dalam sejarah sepakbola Mesir," kata Wakil Menteri Kesehatan Hesham Sheiha. 

Kerusuhan massal terjadi setelah pertandingan usai, yang menghasilkan kemenangan al-Masry kepada Al Ahli dengan skor 3-1. Menurut para saksi, suporter Al Ahli membentangkan spanduk yang menghina Kota Port Said dan salah seorang penonton berlari ke lapangan. 

Situasi ini berlanjut dengan kemaharan pendukung tim tuan rumah. Bentrokan pun tak terhindarkan. Para fans al-Masry pun menyerang para pemain Al Ahli sebelum akhirnya terjadi perang terbuka antarsuporter.


(Sumber : http://dunia.vivanews.com/)
Sebagai sesama blogger marilah kita saling menghormati dan menghargai privasi seorang blogger. Cantumkan sumber link jika anda ingin mengcopy paste sebuah artikel dari web/blog lain. Jika anda merasa artikel dari saya bermanfaat silahkan berkunjung kembali dan follow
King Elementware�
Semoga bermanfaat ^_^