Sunday 11 December 2011

11-12-1936: Raja Edward VIII Turun Tahta

Edward VIII bersama istrinya,
Wallis Simpson (Reuters/Max Rossi)
Pada 75 tahun yang lalu, Edward VIII menjadi Raja Inggris pertama yang sukarela turun tahta. Keputusan kontroversial ini dia ambil setelah pemerintah dan publik Inggris serta pihak Gereja Anglikan mengecam keputusan Edward dalam menikahi seorang janda cerai asal Amerika Serikat, Wallis Warfield Simpson. 

Menurut stasiun televisi The History Channel, pengunduran diri sukarela itu diumumkan Edward dalam siaran radio pada malam hari, 11 Desember 1936. Ketika itu dia belum genap setahun menjadi penguasa Inggris setelah ayahnya, Raja George V, wafat. 

"Saya merasa mustahil untuk mengemban tanggungjawab yang berat ini dan oleh karena itu akan menanggalkan tugas-tugas sebagai raja, seperti yang saya inginkan, tanpa ada pengaruh dari perempuan yang saya cintai," kata Edward. Sehari setelah pengumuman itu, Edward digantikan oleh adiknya, The Duke of York, sebagai penguasa monarki Inggris dengan nama baru, Raja George VI. 

Putra sulung Raja George VI yang lahir pada 1896, Edward VIII terus membujang hingga usia 40 tahun. Dia lalu jatuh cinta dengan Wallis Simpson, seorang sosialita Amerika yang sudah dua kali menikah dengan pria berbeda. 

Hubungan Edward dan Wallis ini ditentang keras oleh keluarga kerajaan. Menurut mereka, sebagai pewaris tahta kerajaan saat itu, Edward harus berjodoh dengan perempuan yang punya darah bangsawan dan belum pernah kawin. 

Pada Januari 1936, Raja George V wafat dan otomatis Edward dilantik sebagai pengganti. Namun, saat itu Edward masih membujang. Dia tetap ingin menikahi Simpson, yang kembali bercerai dari seorang pengusaha, namun mendapat tentangan keras dari banyak pihak.  

Situasi itu membuat Edward merasa tertekan. Maka, demi meneruskan cintanya kepada Simpson, Edward rela menanggalkan jabatan sebagai raja. 

Mereka lalu menikah pada 3 Juni 1937 dan menikmati hidup berdua tanpa menghasilkan keturunan sampai akhir hayat. Edward wafat di Paris pada 1972, sedangkan istrinya meninggal pada 1986. Jenazah mereka dikebumikan di halaman Istana Windsor, Inggris.


(Sumber : www.vivanews.com)
Sebagai sesama blogger marilah kita saling menghormati dan menghargai privasi seorang blogger. Cantumkan sumber link jika anda ingin mengcopy paste sebuah artikel dari web/blog lain. Jika anda merasa artikel dari saya bermanfaat silahkan berkunjung kembali dan follow
King Elementware�
Semoga bermanfaat ^_^