Thursday 29 December 2011

Brokoli, Sayur Super Pencegah Kanker

Brokoli telah lama dinobatkan sebagai salah satu sayuran sehat, karena nilai gizi didalamnya. Sayuran hijau ini ternyata juga ampuh melawan dan mencegah perkembangan kanker.

Tak hanya mengandung antioksidan termasuk vitamin C, brokoli juga sumber asam folat alami. Asupan asam folat membantu mencegah penyakit jantung.

Temuan seorang peneliti di Johns Hopkins University mengungkap, ada senyawa dalam brokoli yang mencegah perkembangan tumor sebesar 60 persen. Brokoli juga terbukti mengurangi ukuran tumor yang tidak berkembang sebesar 75 persen.

Agar mendapat hasil maksimal, asup brokoli mentah yang telah dicuci bersih atau telah masak sebentar. Masukkan brokoli dalam menu makanan sedikitnya dua kali seminggu.

Manfaat lain brokoli adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko katarak, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kepadatan tulang serta mencegah kelahiran cacat pada bayi. 

Dikutip dari Female First, brokoli merupakan salah satu makanan padat nutrisi namun memiliki kalori rendah. Sehingga, sayuran ini kerap menjadi pilihan sehat bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan. 

sumber