Thursday 22 December 2011

Soyuz Luncurkan Tiga Awak ke Stasiun Antariksa

Roket Soyuz milik Rusia meluncurkan tiga  awak ke Stasiun Antariksa Internasional atau ISS, Rabu (21/12/2011) malam, dari Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan. Peluncuran berjalan lancar dan kapsul antariksa yang membawa ketiga awak tersebut kini tengah mengarah ke ISS.

Ketiga awak yang berada di dalam kapsul tersebut adalah seorang kosmonot Rusia, seorang astronot Amerika Serikat, dan seorang astronot dari Belanda. Kapsul yang membawa komandan misi dari Roskosmos yakni Oleg Kononenko dan kolega dari NASA, Don Petit, serta dari Badan Antariksa Eropa (ESA), Andre Kuipers, akan merapat ke ISS pada Jumat mendatang.

Mereka akan bertugas di ISS melengkapi tiga awak lainnya yang saat ini berada di ISS, yakni astronot NASA Dan Nurband serta dua kosmonot Rusia, Anton Shkaplerov dan Anatoly Ivanishin. Mereka berenam akan bekerja sama di antariksa sampai Maret 2012.

Kabar baik keberhasilan peluncuran ini sangat dinanti mengingat roket dan kapsul antariksa milik Rusia merupakan satu-satunya alat transportasi berawak ke ISS saat ini. Program pesawat ulang alik milik NASA telah dihentikan secara penuh sehingga lalu lintas awak stasiun antariksa saat ini sepenuhnya tergantung pada Rusia.

Keberhasilan peluncuran itu juga menjadi kabar gembira mengingat Rusia beberapa kali gagal meluncurkan roket belum lama ini. Sebuah roket yang mengangkut pasokan logistik ke ISS gagal meluncur pada Agustus 2011 dan bangkainya jatuh di kawasan pelosok hutan Siberia.

(Sumber : http://sains.kompas.com/)
Sebagai sesama blogger marilah kita saling menghormati dan menghargai privasi seorang blogger. Cantumkan sumber link jika anda ingin mengcopy paste sebuah artikel dari web/blog lain. Jika anda merasa artikel dari saya bermanfaat silahkan berkunjung kembali dan follow
King Elementware�
Semoga bermanfaat ^_^