Monday 26 December 2011

Inspirator Apple dan Microsoft Wafat

Jacob Goldman, pendiri laboratorium legendaris Xerox's Palo Alto Research Center (Xerox PARC) meninggal dunia. Xerox PARC merupakan laboratorium inovatif di Silicon Valley, yang bahkan diakui pendiri Apple Steve Jobs sebagai laboratorium teknologi yang inspiratif.

Seperti dikutip dari laman Mashable, Goldman dikabarkan meninggal akibat gagal jantung. Kepala peneliti di Xerox sejak akhir '60-an ini meninggal di usia 90 tahun.

PARC merupakan laboratorium yang dibangun atas ide Goldman, yang didedikasikan sebagai pusat riset dan penelitian. Sejumlah terobosan dilakukan Xerox's PARC yang didirikan pada 1970 ini.

Xerox's PARC disebut sebagai laboratorium yang pertama kali mengembangkan PC (personal computer). Selain itu, PARC juga disebut menjadi pihak yang pertama kali mulai mengembangkangraphical user interface (grafis antar-muka), jaringan Ethernet, hingga penggunaan tetikus secara komersil.
Terletak di dekat Universitas Stanford, para peneliti di PARC diberikan kebebasan untuk mengembangkan idenya. Pendiri Apple Steve Jobs pun dalam biografinya beberapa kali menyebut PARC sebagai tambang emas.
"Kamu sedang menduduki tambang emas. Tapi saya tidak percaya Xerox tidak bisa mengambil keuntungan dari ini," ucap Steve Jobs.

Steve Jobs sendiri mengaku terinspirasi Xerox PARC saat membuat interface di sejumlah produk awal Apple, antara lain Lisa dan Macintosh.

Tak hanya Apple, Microsoft pun disebut-sebut terinspirasi Xerox's PARC saat membuat sistem operasi Windows, terutama di interface. Karena itu pendiri Microsoft, Bill Gates, menolak klaim Steve Jobs yang menuduh Microsoft meniru Apple saat membuat Windows.

"Begini, Steve. Saya pikir ini seperti kita punya tetangga kaya yang bernama Xerox. Saya berusaha menyusup masuk ke dalam rumahnya untuk mencuri TV, tapi saat saya ada di dalam saya baru tahu kalau kamu sudah mencuri TV itu," ujar Bill Gates kepada Steve Jobs.

sumber